Monitoring Pelaksanaan PNPM MPd di Desa Cihideung Hilir



Kepala BPMD Drs. H. Yayasan Sofyan, MM. (Tengah)saat Monitoring di Desa Cihideung Hilir

BPM,- Drs. H. Yayan Sofyan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Kuningan melaksanakan monitoring pelaksanaan PNPM MP di Kabupaten Kuningan, dalam rangka monitoring tersebut, Kepala BPMD berkunjung ke Desa Cihideung Hilir yang sedang melaksanakan pembangunan Jalan Rabat Beton sepanjang ± 1.000 M dengan lebar antar 2,5 – 3 M. Program ini diusulkan oleh Desa Cihideung Hilir yang kemudian ditetapkan di Musyawarah
Antar Desa (MAD) Kecamatan Cidahu untuk di danai dari PNPM Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2012.
Dalam kunjungannya Kepala BPMD menuturkan, kunjungan lapangan ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung peran para pelaku dan masyarakat dalam pelaksanaan program. Selain hal tersebut, BPMD selaku SOPD yang membawahi PNPM MP memiliki tanggungjawab dalam kesusksesan program, sehingga monitoring pelaksanaan dilapangan sangat penting untuk dilakukan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dimasa yang akan datang, ungkapnya.
Program ini menghabiskan dana sebesar Rp. 241.196.800,- yang berasal dari dana BLM PNPM MP Kecamatan Cidahu serta Swadaya Masyarakat Desa setempat sebesar Rp. 14.782.000,-. Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Cihideung Hilir Muhaimin mengungkapkan, program ini sangat membantu program Desa khususnya penataan Infrastruktur Desa sehingga Pembangunan di Desa kami sangat terbantu oleh PNPM MP. Selain membantu dalam peningkatan Infrastruktur Desa, program ini juga ikut memberikan kontribusi dalam penanggulangan Kemiskinan, dimana para Pekerja diambil dari wilayah desa setempat walau dengan jumlah yang terbatas. Selanjutnya Muhaimin berharap agar masyarakat tidak hanya merencanakan, mengelola, dan mengawasi langsung pelaksanaan kegiatan namun ikut serta pula dalam memelihara Jalan tersebut, pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar