Berkat PNPM MP, Desa Nanggela Kec. Cidahu Berhasil Bangun Jalan

Kuningan News - Pelaksanaan pembangunan jalan desa melalui bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Desa Nanggela Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan telah dilaksanakan Serah Terima melalui Musyawarah Desa pada tanggal 14 September 2011.
Musyawarah yang  dihadiri oleh Kepala Desa, BPD, LPM, PJOK,BKAD, UPK, FK, dan semua lapisan masyarakat, hal ini sebagai wujud partisipasi, transparansi, dan pertanggungjawaban pengurus PNPM Desa  kepada  masyarakat.

“Sesuai dengan azas PNPM yaitu dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat artinya masyarakat yang merencanakan, menetapkan dan melaksanakan serta mempertanggung jawabkannya, karena itu peran serta aktif seluruh pelaku di tingkat desa hingga kecamatan perlu mendapat dukungan seluruh masyarakat agar program dapat dilaksanakan dengan baik" ujar Yushendri selaku PJOK Kec. Cidahu, Kepada Kuningan News, Rabu (6/10).
Pekerjaan peningkatan jalan  yang dilaksanakan selama 60 hari kalender  yang dimulai pada tanggal 7 Juli 2011 dan di Sertifikasi oleh Fasilitator Kecamatan Teknik pada tanggal 14 September 2011, lanjut Yushendri, telah selesai membangun jalan sepanjang  700 m dengan penambahan bangunan tembok penahan tanah yang menelan biaya sebesar Rp. 187.039.000, dan dana sebesar itu bersumber dari PNPM serta dukungan swadaya masyarakat.
“Pekerjaan jalan yang dilaksanakan ini tidak terlepas dari kendala seperti cuaca terik matahari yang sangat panas di musim kemarau ini dan keterlambatan pelaksanakan pekerjaan karena pekerjaan diliburkan selama 7 hari ketika Hari Raya Idul Fitri,” Ujar  Mamat Rohmatulloh selaku ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).
“ Kami pengurus PNPM desa melaksanakan pekerjaan ini sesuai ketentuan dengan mengacu pada  gambar desain dan RAB yang direncanakan dengan lebar rata-rata jalan 3m dan ketebalan jalan 15 cm. Kendala cuaca yang panas yang berakibat air di beton cepat menguap diantisipasi melalui penyiraman oleh air secara rutin” ungkapnya.
Dalam kesempatan ini pula Kepala Desa Nanggela  Trisno Wahidin menyampaikan dibangunnya jalan ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.
“Masyarakat telah menikmati hasil nyata pembangunan jalan ini karena selain digunakan oleh masyarakat di Desa Nanggela, juga merupakan jalan alternatif penghubung antara desa Cipancur Kec. Kalimanggis dengan Kecamatan Cidahu, maka kami sangat mengharapkan agar masyarakat Desa Nanggela dapat memelihara jalan ini dengan baik,” pungkas Trisno. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar